Thursday, February 16, 2017

Cara Mengaktifkan/Mendaftar BRI Internet Banking dan mToken

Ini adalah pengalaman saya sendiri 3 tahun yang lalu, saya berkeinginan untuk mendaftar Internet Banking karena lebih mudah dan nyaman saat bertransaksi. Internet Banking memang sangatlah terkenal di era zaman sekarang tapi tidak sedikit yang masih bingung cara mendaftarnya.
Septino Wibowo
Ada 2 Cara mengaktifkan BRI Internet Banking/e-bank, yaitu melalui ATM dan CS (Customer Service), berikut ulasan lengkapnya :
  • Mengaktifkan BRI Internet Banking Di ATM :
  1. Pertama-tama, syarat utamanya yaitu menjadi nasabah Bank BRI dengan membuka rekening dan memiliki kartu ATM/BRI Card, bagi nasabah yang rekeningnya belum memiliki kartu ATM bisa mendapatkannya di kantor cabang Bank BRI dengan registrasi terlebih dahulu lalu aktifasi di mesin ATM.
  2. Masukkan kartu dan PIN kamu untuk masuk ke menu utama.
  3. Kemudian pilih "Transaksi Lain" selanjutnya pilih "Registrasi" lalu pilih menu "Internet Banking".
  4. Langkah selanjutnya ialah membuat ID, silahkan buat user ID yang kamu inginkan atau menggunakan user ID yang sudah disiapkan.
  5. Berikutnya membuat password, masukkan password yang akan digunakan lalu pilih "Benar", masukkan lagi password yang sama seperti tadi untuk konfirmasi lalu pilih "Benar".
  6. Regristrasi akan diproses tunggu beberapa saat, jika berhasil akan keluar struk atau print out yang berisi user ID dan status internet banking BRI telah aktif.
  7. Setelah registrasi selesai sekarang waktunya login ke website internt banking BRI di https://ib.bri.co.id untuk mengganti password dan ini wajib dilakukan. 
  8. Pada halaman utama website internet banking BRI pilih "Login" lalu masukkan user ID dan password yang tadi dibuat, setelah itu kamu akan diberikan form untuk mengganti password. Silahkan ganti dengan password baru, 
Peringatan : Password minimal 8 digit dan harus berisi angka dan huruf.

  • Mengaktifkan BRI Internet Banking di Bank
Sebenarnya cara ini digunakan saat kamu mendaftar/membuat rekening dan langsung suruh mabk CS nya mengaktifkan e-bank kamu langsung, dan tidak ada cara spesial dari cara ini karena cara termudah adalah melalui ATM.

Sampai disini proses aktivasi internet banking BRI sudah berhasil, Sekarang kamu bisa melihat saldo dan riwayat transaksi sebanyak 5 transaksi terakhir. Namun, kamu belum bisa melakukan transaksi mengirim uang karena kamu membutuhkan mToken agar bisa melakukannya.

Bagaimana cara mendapatkan mToken?
  • Silahkan datang ke kantor cabang BRI di kota kamu dengan membawa foto copy KTP, buku tabungan rekening yang telah diaktifkan i-Bankingnya, dan nomor Hp yang akan didaftarkan dan juga bawa sekalian Hpnya ya sebagai penerima mToken, bilang saja "Mbak/Pak Saya mau daftar mToken untuk internet banking BRI."
  • Di sana Anda akan diberi formulir untuk diisi dan serahkan foto copy KTP, buku tabungan, dan nomor Hp yang akan didaftarkan. Setelah diproses nomor Hp yang didaftarkan tadi akan menerima SMS mToken berisi nomor yang digunakan untuk aktifasi mToken, bagaimana caranya?
  • Setelah kamu pulang dari mendaftarkan mToken segeralah lakukan aktifasi mToken karena mToken memiliki batas waktu atau expired date/ tanggal kadaluarsa yang tertera di SMS mToken, caranya:
  1. Buka website internet banking BRI di https://ib.bri.co.id lalu login dengan user ID dan password kamu
  2. Pilih menu "mToken" kemudian klik "Aktifasi mToken".
  3. Silahkan masukkan nomor aktifasi mToken yang tadi kamu terima melalui SMS dan aktifkan.
Sampai di sini mToken internet banking BRI kamu telah aktif dan internet banking BRI bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi. Sejauh ini dikenakan tarif Rp 550 saat menerima SMS mToken dari iBanking BRI.

Sekianlah Artikel tentang Cara Mengaktifkan/Mendaftar BRI Internet Banking dan mToken, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. 
Salam Blogger Indonesia, Septino Wibowo