Wednesday, February 1, 2017

Langkah Awal Memulai Ngeblog

Dalam memulai ngeblog pasti ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan karena jika tanpa persiapan pasti akan berjalan sangat lama untuk memaksimalkan blog tersebut. Dalam sebuah blog tersusun dari beberapa bagian yang perlu diketahui dan dipahami untuk membuat blog menjadi lebih bagus dan layak dikunjungi.
Septino Wibowo

Semisal orang yang berpenampilan amburadul atau tidak terawat pasti akan kurang mendapatkan perhatian dari orang sekitar begitu juga halnya dengan blog, jika tampilannya kurang menarik maka akan sedikit menarik simpati pengunjung maka diperlukan memperbaikinya, berikut ini adalah beberapa langkah awal untuk memulai ngeblog:


  • TAMPILAN
Tak dipungkiri penampilanlah yang akan dipandang terlebih dahulu. Seperti orang, blog juga begitu memerlukan tampilan yang memikat mata dan langsug turun kehari hehe. banyak cara untuk memperbaiki tampilan blog, dengan cara manual atau otomatis.

-Manual : Mengedit blog dengan menggunakan HTML
Hal ini mungkin akan memakan waktu yang cukup lama jika kamu adalah seorang blogger pemula, mengotak atik kode HTML yang rumit tapi akan memberi sensasi menyenangkan jika berhasil merubahnya seperti keinginanmu. Kamu bisa mengeditnya di menu Template > Edit HTML, dan kamu bisa mencari berbagai tutorial di pecaian google atau di blog ini yang akan saya update terus menerus.

-Otomatis : Cara ini mungkin dilakukan oleh banyak blogger pemula karena dianggap lebih praktis dan tidak memakan banyak waktu untuk merubah tampilannya, Seperti mendownload Template blog gratis sampai yang premium/berbayar.

  • NICHE
Niche/Kategori adalah hal yang harus ditentukan olehmu sendiri, hal ini mencakup konten apakah yang akan kamu buat dan sesuai hobi/keinginanmu. Banyak niche yang sangat recommended untuk dijadikan niche blogmu yang memberikan nilai jual dan kunjungan yang banyak. Semisal niche Teknologi, Blogging, Kesehatan/Kebugaran, Pendidikan, Review Barang/Produk, Fashion, Gado-Gado/General, Download.

  • KONTEN
Konten/artikel merupakan inti dari sebuah blog, blog akan dikunjungi karena konten yang ditampilkan adalah konten yang dicari sang pengunjung. Buatlah konten sebaik mungkin dan sesuai hobimu untuk melancarkan blogmu. Jika kamu membuat konten dengan memaksakan diri dengan artikel yang sebenarnya tidaklah sesuai keinginanmu maka blog juga tidak akan berjalan lancar.
Buatlah konten yang unik untuk memberi ciri khas blogmu dimata pengunjung dan memberikan nilai jual tinggi dimata Google.

  • MENU NAVIGASI
Menu Navigasi adalah menu yang ditampilkan di blog yang berfungsi untuk mempermudah para pengunjung mengakses kategori artikel yang ingin dibaca/dicari. Menu Navigasi memiliki bervariasi ragamnya untuk ditampilkan di blog, ada yang diatas judul blog atau dibawahnya, disampig blog atau dibawah blog/footer. Menu navigasi yang wajib atau perlu dipasang di blog untuk membuat blog lebih bermutu adalah:

-About : Menu ini berfungki meampilkan tentang penulis blog atau si pemilik blog dan juga tentang tujuan blog

-Contact : Menu ini merupakan menu yang berfungsi untuk menampilkan contact person si pemilik blog atau form untuk menghubungi pemilik blog dengan tujuan tertentu.

-Disclaimer : Menu ini merupakan menu yang digunakan untuk menampilkan aturan apa saja yang oleh atau tidak boleh dilakukan penunjung di blog.

-Privacy Policy : Menu ini adalah sebuah kebijakan untuk mengetahui hal yang ditampilkan dan sebagai wadah pemberi informasi berbagai aturan.

-TOS : Menu ini adalah menu yang berfungsi untuk menampilkan ketersediaan dan layanan yang ada di blog.

  • MEDIA SOSIAL
Media Sosial merupakan hal yang cukup penting dalam suatu blog, medsos biasanya dipasang di samping menu navigasi atau ditampilkan terpisah dibagian tertentu seperti sidebar dan footer. Dengan memberi media sosial akan memudahkan para pengunjung jika ingin menemukan keberadaanmu dan bisa lebih akrab denganmu atau juga bisa memperkuat blog sebagai media promosi.

Demikianlah artikel tentang Langkah Awal Memulai Blog, smoga artikel diatas dapat bermanfaat untukmu yang ingin belajar dan mulai membuat blog.
Salam Blogger Indonesia, Septino Wibowo