Thursday, February 2, 2017

Susah Membuat Menu Navigasi? Ini Cara Mudah Membuatnya

Banyak Blogger baru atau biasa yang disebut newbie menginginkan blognya berpenampilan keren seperti blog profesional yang sudah lama menggeluti dunia perbloggingan tapi hasilnya malah membuat blog mereka menjadi tak karuan dan tak tertata rapi. Sebenarnya penting atau tidak blog keren? itu tergantung si pemilik blog, tapi menurut saya sendiri keren itu bukan dalam bentuk tampilan tapi dalam bentuk konten yang berkualitas.
Septino Wibowo
Blog adalah sarana informasi, jadi sudah jelas kalau yang dibutuhkan pengunjung adalah konten yang dicari bukan tampilan yang wow. Seperti Blog ini adalah contoh blog yang sederhana tak banyak memakan tempat atau berisi pernak pernik widget yang sebenarnya tidak berguna dan tidak diperlukan dalam suatu blog.

Karna fokus saya adalah konten maka blog ini saya buat seadanya saja yang terpenting bisa mencakup 4 sehat 5 sempurna hehe, yaitu menu navigasi, menu widget artikel popular, author, related posts, dan berlanggan lewat email itu sudah cukup untuk saya.

Dalam artikel ini saya akan membahas mengenai Menu Navigasi. Sebenarnya apa sih itu Menu Navigasi dan apa sih fungsinya? Menu Navigasi merupakan menu yang ditampilkan dalam sebuah blog untuk mempermudah akses para pengunjung memilih kategori konten yang ingin dicari.

Terus bagaimana cara membuatnya? apakah susah? Tentu saja mudah apabila yang diinginkan adalah menu yang tidak ribet tapi cukup bagus untuk blog seperti blog ini.

Berikut cara sederhana cara membuat menu navigasi untuk pemula :
  • Masuklah ke bloggermu
  • Klik menu Tata Letak
  • Klik tambahkan Gadget dan cari menu Laman
  • Perhatikan gambar dibawah ini

  • Klik Tambahkan tautan eksternal jika kamu ingin menambahkan menu sesuai label

  • Tambahkan judul kategori sesuai label dan isikan
urlnya http://urlblogmu.blogspot.com/search/label/Blogging
urlblogmu isikan url blogmu, dan Blogging adalah label sesuai yang ingin kamu isi





  •  Jika sudah mengisi semua menu dengan label yang kamu inginkan kemudian klik tombol simpan seperti gambar diatas dan lihat hasilnya
 Smoga artikel diatas bisa bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan lebih banyak tentang blog. walaupun menu navigasi itu sederhana tapi cukup bagus untuk blog bagi para pemula.
Salam Blogger Indonesia, Septino Wibowo