Friday, March 3, 2017

Pengertian dan Fungsi Menu - Menu Google AdSense Yang Wajib Kamu Ketahui

Kemarin ada yang tanya kepada saya, apa Itu Page View, CPC, CTR dan RPM? Kali ini saya akan menjelaskan dengan sedikit panjang lebar hehe bukan rumus ya cuma pengertian dan fungsinya saja karena sudah banyak artikel diluar sana yang membahas tentang hal ini, hanya saja kita yang malas untuk mencarinya.

Sebenarnya dalam Google AdSense sudah dijelaskan dengan rinci di blog resminya tapi dengan bahsa inggris walaupun bisa ditranslate pasti kamu agak kebingungan karena bahasanya yang terlalu formal. Nah, sekarang saya akan berbagi sedikit pengetahuan saya tentang Page View, CPC, CTR dan RPM.
Septino Wibowo
Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai Page View, CPC, CTR dan RPM dan fungsinya masing-masing :
  • Page View
Page View/Page Impression adalah tampilan halaman yaitu merupakan jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang berada didalamnya/mempunyai kode/unit iklan AdSense yang ditayangkan oleh visitor atau dengan kata lain berapa banyak visitor mengunjungi halaman yang memiliki unit iklan AdSense atau dipasangai iklan AdSense. Jumlah unit iklan tidaklah berpengaruh dengan jumlah nilai tayangan halaman.
  • CPC
CPC/Cos Per Click merupakan menu yang sangat penting di AdSense karena menu ini merupakan penentu bayaran yang diterima apabila visitor mengeklik iklan AdSense di blog kamu. Mungkin kamu sering mendengar dan melihat menu ini dalam akun Google AdSense, CPC (Cost Per Click) adalah bayaran yang ditawarkan/diberikan oleh Advertiser (Pemasang Iklan) untuk setiap klik iklannya, jadi setiap kali iklan AdSense yang di klik oleh visitor maka dollar atau AdSense terbaru dengan mata uang sesuai dengan negara yang akan diperoleh senilai CPC untuk iklan tersebut. Semakin besar nilai CPC maka semakin besar kamu memperoleh dollar atau rupiah dari iklan yang kamu tayangkan.
Berikut adalah beberapa aspek yang mempengaruhi nilai CPC setiap iklan, yaitu:
  1. Banyaknya jumlah iklan dalam halaman, (Saran Maksimal 3 Unit iklan text/gambar dan 3 unit iklan link per laman)  
  2. Apa jenis iklan yang dipilih, (Biasanya iklan trading, pendidikan, kesehatan, asuransi tinggi CPC)   
  3. Dari mana sumber visitor dan lain sebagainya, (Biasanya visitor dari US, UK, dan daratan barat memperoleh CPC tinggi per klik) 
  4. Google sangat merahasiakan privasi jumlah nilai CPC untuk setiap iklan, jadi hanya Advertiser dan pihak AdSense sajalah yang lebih mengetahui pasti berapa jumlah nilai CPC untuk setiap unit iklan yang kamu tayangkan.
  • CTR
CTR/Click Throught Rate yaitu pertimbangan dalam takaran persentase untuk menghitung antara jumlah click dan jumlah unit iklan yang ditayangkan,  apabila iklan tampil 1000x dan iklan tersebut memperoleh klik sebanyak 10x jadi nilai CTR nya bisa kamu hitung seperti berikut [10/1000 x 100%]=1%, maka apabila dalam 1000x tayang, iklan memperoleh klik visitor sebanyak 10x, artinya nilai CTR iklan itu adalah 1%.
  1. Nilai CTR secara tidak langsung bisa menginformasikan, aktivitas normal klik kepada satu unit iklan, dan CTR menjadi referensi/patokan AdSense ataupun publisher/partner sebagai pemantau aktivitas klik normal pada unit iklan, nilai normal apada umumnya untuk nilai CTR adalah 0% s/d 5%, atau bisa lebih tinggi tergantung pada jumlah klik kepada iklan tersebut, tapi jika nilai CTR melebihi 10% artinya sudah terindikasi adanya aktivitas tidak normal atau invalid activity.
  2. Hal tersebut mungkin atau bisa jadi dikarenakan indikasi adanya boom click, klik yang dilakukan terus-terusan pada iklan yang sama lebih dari 1x dengan IP yang sama, dan lokasi yang juga sama. AdSense memiliki sistem yang sangat cerdas dalam melacak dan mengetahui dari mana sumber klik yang masuk. Kamu harus selalu memantau dan waspada apabila di akun AdSense terdapat informasi nilai CTR dengan nilai yang tinggi atau lebih dari 10%.
  3. Jika memang terindikasi adanya aktivitas yang kecurangan ataupun boom click, mengeklik iklan kamu sendiri, menyuruh orang lain klik iklan kamu dan juga menggunakan berbagai cara curang atau menyalahi TOS AdSense lainnya yang biasa disebut Blackhat maka resiko terbesar kamu adalah akun AdsSnse kamu yang bisa dibanned/disable, Hal ini sangat mempengaruhi kepercayaan Google kepada publisher/partner Google di indonesia yang sering menggunakan praktek curang tersebut dan membuat para blogger baru (nubie) yang ingin juga merasakan pendapatan dari google shancur karena sangat sulitnya diterima AdSense.
  • RPM
RPM/Revenue Per 1000 Impression merupakan hasil bagi antara jumlah earning publisher dengan banyak jumlah impresi halaman/1.000 yang didapatkan dari iklan. Contohnya, Publisher yang memperoleh $100 dari 50.000 impression maka akan mendapatkan nilai CPM $2 [nilai tersebut diperoleh dari perhitungan [jumlah penghasilan /(impression/1000)] = [100/(50.000/1000) = 100/50=2.
  • Estimated Earning
Estimated Earning/Hasil Akhir merupakan perkiraan nilai perolehan yang kamu dapat dari iklan yang kamu pasang, nilai Estimated Earning yaitu = Jumlah klik x CPC, semakin besar nilai CPC maka akan semakin besar juga Estimated Earning/hasil akhir yang akan kamu dapat, lalu juga jika semakin banyak jumlah klik iklan itu maka semakin besar penghasilan yang kamu dapatkan.

Demikian artikel tentang Pengertian dan Fungsi Menu - Menu Google AdSense Yang Wajib Kamu Ketahui. Semoga artikel diatas dapat membantu kamu untuk memahami arti dan fungsi bagian menu didalam Google AdSense sehingga kamu bisa lebih paham cara kerja dan menjalankan tugas sebagai publisher/partner yang cerdas dan jujur dalam bertindak dan berusaha memperoleh penghasilan dengan cara yang baik dari AdSense.
Salam Blogger Indonesia, Septino Wibowo