Tuesday, August 1, 2017

4 Lagu Keramat Ini Bisa Memanggil Setan, Apa Benar? Ini Jawabannya

Halo guys, kali ini saya akan membahas tentang hal hal yang dianggap sebagai tabuh dimasyarakat dan juga mungkin ada orang orang yang belum mengetahuinya. Di era 70an Orang orang barat mempercayai bahwa ada beberapa lagu yang bisa memanggil setan atau roh dari dunia ghoib. Apakah hal itu benar? Mari kita bahas semuanya disini.
Septino Wibowo
Menurut saya mungkin bisa saja karena untuk memanggil 'mereka' juga tidak harus menggunakan lagu karena banyak ritual tertentu untuk memanggil mereka tapi entah apa tujuannya. Dalam pandangan masyarakat jawa orang orang yang suka memanggil setan atau roh tertentu biasanya disebut pesugihan atau meminta bantuan kepada setan untuk membantu masalah yg memanggil setan tersebut.

Apa kalian tahu lagu lagu yang bisa memanggil setan atau roh halus? Ini dia beberapa lagu yang bisa memanggil setan, roh halus atau hantu.

1. LINGSIR WENGI
Sebagian besar masyarakat Jawa mempercayai bahwa jika kita menyanyikan lagu Lingsir Wengi berarti memanggil setan atau roh yang mati tak wajar atau hantu untuk datang. Lagu Lingsir Wengi sering diidentikkan sebagai lagu untuk memanggil kuntilanak. Hal ini terjadi dan sangat booming ketika Film Bergendre horror Kuntilanak sangat populer di jamannya dan membuat pola pikir masyarakat berubah bahwa lagu Lingsir Wengi lagu jawa itu bisa memanggil 'mereka'. Lagu Lingsih Wengi sebenarnya lagu biasa saja tapi karena liriknya dirubah menjadi seperti mantra pemanggil setan maka akan memberikan kesimpulan isi lagu yg berbeda. Berikut liriknya
Lirik:
Lingsir wengi sliramu tumeking sirno
Ojo tangi nggonmu guling
awas jo ngetoro
aku lagi bang wingo wingo
jin setan kang tak utusi
dadyo sebarang
Wojo lelayu sebet

Arti lagu dalam bahasa Indonesia:
Menjelang malam, dirimu (bayangmu) mulai sirna
Jangan terbangun dari tidurmu
Awas, jangan terlihat (memperlihatkan diri)
Aku sedang gelisah,
Jin setan ku perintahkan
Jadilah apapun juga,
Namun jangan membawa maut

Bagian lirik inilah yang dianggap syarat akan makna tak lazim dan sangat mengerikan. Lingsir Wengi dinyanyikan dengan menggunakan nada sinden khas tradisional jawa terasa lebih menyeramkan dan meningkatkan nilai mistis pada lagu ini. Menurut kalian bagaimana? Coba dengarkan lagu Asli Lingsir Wengi dan Lagu Pemanggil Setan ini pasti banyak makna yang berbeda. Jadi? Apa kamu mau memanggil kuntilanak? Kalo saya sih gk deh hehe

2. MALAM SATU SURO
Malam Satu Suro sendiri sebenarnya merupakan hari suci dan bagus untuk berdoa bagi Umat Muslim tapi bagi beberapa orang atau kalangan dianggap malam mengerikan dan penuh dengan mistis dan kemusrikan entah kenapa dan apa sebabnya. Banyak Ritual aneh yang tidak ada hubungannya dengan adat yang dilakukan oleh beberapa kalangan dan kebanyakan orang Jawa sampai sekarang. Lagu Malam Satu Suro sebenarnya memiliki lirik yang biasa saja, simak lirik dibawah ini.

Lirik:
Malam ini
Sunyi sepi
Kau terlena
Dalam mimpi
Kau tersenyum
Kedamaian
Pengaruh dan Arti Warna Terhadap Lingkungan dan Psikologis Manusia
Pengaruh Warna dan Kejiwaan Sejarah Wa ...

Dari lirik diatas tidak ada makna menyeramkan pada lagu ini. Lagu ini justru terkesan seperti lagu lagu bertemakan cinta pada umumnya. Hanya saja masyarakat banyak mempercayai bahwa lagu Malam Satu Suro ini mengandung hawa mistis ketika dinyanyikan oleh sosok Sundel Bolong yang diperankan oleh Suzana yang sangat terkenal pada eranya. Karakter dan citra mistis yang dimiliki oleh Ratu Horror Indonesia Mendiang Suzana memang melekat pada lagu ini. Jadi, menurut kalian apakah lagu ini menyeramkan? Atau hanya karena terbawa arus Film yang membuat mindset masyarakat bergitu percaya pada hal mistis seperti ini?

3. NINA BOBO
Lagu NINA BOBO? Mungkin sebagian besar atau kebanyakan orang tidak pernah menyangka jika lagu Nina Bobo dianggap sebagai lagu untuk memanggil setan atau roh yang sudah mati. Karena asal usul Lagu ini yang begitu mengerikan membuat lagu ini sebenarnya tidak patut untuk dinyanyikan bagi yang mempercayainya. Dari Cerita yang beredar mengenai asal usul munculnya lagu ini, Nina adalah seorang balita perempuan berdarah Indonesia - Belanda yang bernama Helenina Mustika Van Rodjnik. Namun sangat menyedihkan, umur Helenina tak panjang karena ia meninggal pada usia empat tahun. Lagu Nina Bobo memang sengaja diciptakan oleh sang ibu untuk menidurkan Helenina ketika menangis. Suatu malam Ibu Nina menyanyikan lagu Nina Bobo saat menidurkan Nina, dan Nina tertidur selamanya. Lirik lagunya sangatlah populer, lihat dibawah ini.

Lirik:
Nina bobo oh nina bobo
Kalau tidak bobo digigit nyamuk
Lirik ini dapat juga diartikan,
Tidurlah sayang, adikku manis
Kalau tidak tidur nanti digigit nyamuk

Karena mengalami depresi berat dan kesedihan yang tak henti henti karena malam meninggalnya Nina, ibu Helenina terus menyanyikan lagu Nina Bobo. Sampai akhirnya suatu ketika Helenina kembali ke rumahnya karena mendengar nyanyian sang ibu. Tak ada yang dapat menjamin kebenaran cerita ini ya. Kalo menurut kalian gimana? Percaya pada cerita yang tak tercatat oleh sejarah atau tidak?

4. MANTRA JELANGKUNG
Sepertinya mantra ini sudah ada sejak saya masih kecil atau malah sebelum saya hehe. Siapa yang tak mengenal Nyanyian yang sangat terkenal Mantra Jelangkung? Nyanyian ini sering sekali kita dengar dan sampai dijadikan film berpuluh puluh kali dan yang terakhir saya tahu adalah Film Jailangkung. nanti juga saya akan merivew film tersebut karen isinya berbeda dengan film horror lainnya. Jelangkung merupakan salah satu permainan tradisional yang memang dikenal untuk memanggil setan atau roh dari alam ghaib. Berikut liriknya

Lirik:
Jelangkung jelangsat
Di sini ada pesta
Pesta kecil-kecilan
Jelangkung jelangsat
Datang tidak diundang
Pergi tidak diantar

Itulah lirik Mantra Jelangkung yang sangat terkenal dan populer yang sering kita dengar. Percaya atau tidak mungkin di antara kalian sudah ada yang membuktikan kebenaran dan keampuhan mantra ini untuk memanggil makhluk ghaib. Tapi jika kalian ingin memainkan mantra tersebut, sebaiknya waspadalah untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.Karena di desa saya dulu ada beberapa orang meninggal tidak wajar setelah melakukan ritual mengerikan ini dengan menyanyikan lagu mantra ini di rumah yang sudah tidak berpenghuni dan ada sumur tua didalamnya yang sekarang sudah menjadi tempat Gym. Kalo menurut kalian gimana? Berani buat mengakuin ritual mengerikan ini di tempat para setan berkumpul?

 Nah itu dia 4 Lagu Keramat Ini Bisa Memanggil Setan dan Roh, bagaimana menurut kalian? Kalo menurut pandangan saya sangat berbeda menanggapi 4 lagu ini, saya jelaskan alasannya ya.
Lagu Lingsir Wengi itu adalah lagu yang sering dinyanyikan sinden di Jawa yang sangat populer dari jaman dulu dengan lirik yang menenangkan hati dan nada yang naik turum membuatnya terkesan mistis. Dan muculan Film Kuntilanak yang begitu populer yang diperankan oleh Julie Estelle, Evan Sanders, Ibnu Jamil dll yang membuat lagu Lingsir Wengi dengan mengubah liriknya menjadi pemanggil Kuntilanak yang membuat mindset banyak orang lagu Lingsir Wengi begitu mengerikan.

Di Dunia nyata apakah lagu Lingsir Wengi bisa benar benar memanggil Kuntilanak? Menurut saya bisa jadi tapi bukan karen lirik lagunya tapi karena nada tinggi dan mendayu dayu dari lagu tersebut yang membuat 'mereka' berdatangan bukan hanya Mbak Kunti tapi juga Gang nya hehe.

Tentang Lagu Malam Satu Suro menurut saya tidak ada yang menyeramkan, tapi yang membuat seram adalah ritual mustrik yang dilakukan beberapa orang untuk berkomunikasi dengan 'mereka' yang tidak baik untuk bersekutu dan membantu para pemanggilnya.

Untuk lagu Nina Bobo saya sangat tidak percaya karena tidak ada bukti sejarah yang menyatakan lagu itu dibuat oleh 'Ibunda Nina'. Entah siapa yang membuat lagu itu saya yakin dengan tujuan yang baik.

Untuk lagu Mantra Jalangkung saya punya sedikit koreksi. Yang pertama adalah mereka menggunakan benda untuk memanggil Jalangkung (Setan dan roh) yang merupakan syarat setan untuk datang, kedua adalah melakukan ritual ini di tempat yang 'ada penghuninya yang negatif' membuat ritual ini berjalan lancar, yang ketiga adalah lagu atau panggilan yang penuh dengan makna negatif yang membuat 'mereka' dengan senang hati akan datang.

Ok cukup disini dulu ya bahasannya. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi dan pengetahuan kepada kalian untuk tidak mudah percaya dan perlu berpikir kritis dengan segala hal yang berbau mistis. Kalian harus tahu mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan karena akibatnya akan fatal. Jangan pernah meminta bantuan jin atau setan karena mereka bukan teman yang baik dan musuh yang nyata. Akhir kata, 'mereka' ada disekitar kita. Septino Wibowo