Sunday, July 30, 2017

Review Mitos dan Fakta di Film The Conjuring 1 dan 2

Halo guys, kemaren banyak yang tanya di inbox atau DM instagram tentang film fenomenal The Conjuring. Film garapan James Wan itu memang memberikan sensasi tersendiri bagi para penikmat film horror. Film ini digarap dengan latar belakang kisah nyata tentang sepasang paranormal Edward dan Lorraine Warren yang membantu orang orang dengan masalah supranatural.
Septino Wibowo
Ada banyak komentar bahwa film ini adalah film horror tersukses dan membuka mata banyak orang bahwa kejadian semacam ini bukanlah dongeng atau sekedar film dengan efek yg dibuat dari pemikiran manusia tapi memang benar benar ada. Tapi ada juga kalangan yang berpendapat bahwa film ini dikarang bebas oleh Direktornya James Wan dan hanya memberikan deskripsi sejarah dari kisah supranatural sepasang paranormal Edward dan Lorraine Warren.

Ok daripada kalian penasaran dan bingung sebenarnya film ini murni kisah nyata atau karangan bebas saja yang mengambil latar belakang sejarah mari kita ulas semuanya disini saja ya. Bagi kalian yang merasa kalo yang saya sampaikan disini tidaklah benar mohon maaf karena ini semata mata hanya review saja dari saya dan bukan hal yang baik juga jika saya menyampaikan apa yang saya tidak tahu di review kali ini. Sumber gambar dan informasi akurat akan saya berikan.

FAKTA FILM THE CONJURING 1
Keluarga Perron
  • Proses awal pembuatan film ini bermula saat Ed Warren menunjukkan bukti rekaman cerita horor di rumah Carolyn Perron pada produser Tony DeRosa-Grund. “Jika kita tidak bisa membuat kisah ini menjadi film, saya tidak akan tahu apa yang kita bisa. Semua abu-abu. Entah wanita ini punya masalah mental yang berat atau dia benar-benar takut mati,” kata Grund usai mendengar rekaman tersebut.
  • Lorraine Warren dan Andrea Perron menjabat sebagai konsultan untuk sutradara dan penulis skenario. Mereka memastikan bila film ini akurat karena kedua wanita itu mengalami apa yang ada dalam film.
  • Suami istri Ed dan Lorraine Warren menyelidiki rumah pertanian Harrisville milik keluarga Perron selama 1973 hingga 1974.
  • Andrea Perron selaku anak pertama keluarga Perron menulis tiga buku berdasar pengalaman horornya di rumah tersebut. Buku itu berjudul House of Darkness, House of Light. Pengalaman yang ia tulis dalam buku juga muncul dalam film THE CONJURING.
  • Kematian yang terdokumentasi pada rumah tersebut antara lain dua kasus bunuh diri, keracunan, pemerkosaan dan pembunuhan gadis berusia 11 tahun, dua kasus penenggelaman, dan empat orang yang mati kedinginan. Sebagian besar kematian dalam keluarga Arnold adalah keturunan Bathsheba Sherman (wanita yang diduga sebagai penyihir)
  • Kurangnya informasi membuat keluarga Perron tak tahu peristiwa kelam yang membayangi rumah mereka sebelum memilih tinggal di sana.
  • Bathsheba Sherman diduga penyihir dan membunuh bayi. Tapi namanya dibersihkan karena terbukti tidak bersalah oleh pengadilan. Dia meninggal karena penyakit pada tahun 1885, bukan seperti yang digambarkan dalam film.

MITOS THE CONJURING 1
Boneka Annabelle Asli
  • Walaupun Boneka Annabelle bukanlah tokoh hantu utama dalam film The Conjuring tapi lihatlah perbedaan antara boneka Annabelle yang asli dan yang ada dalam film The Conjuring sangat berbeda. Dalam film boneka Annabelle dibuat dengan porselen untuk memberikan sensasi menyeramkan padahal boneka Annabelle yang asli terbuat dari kain dan terlihat sangat lucu tapi sangat mengerikan.
  • Hantu dalam film The Conjuring bukanlah hantu yang nyata walaupun dengan kisah sejarah yang asli tapi tidak ada yang tahu persis wajah dan bentuk asli hantu rumah kediaman Keluarga Perron waktu itu.
FAKTA THE CONJURING 2
Keluarga Hodgson
  • Kisah nyata ini rupanya pernah mengguncang Inggris di tahun 1977-1979 yang menimpa sebuah keluarga bernama keluarga Hodgson. Seorang janda yang bernama Peggy Hodgson menjadi saksi peristiwa menyeramkan yang ada di rumahnya bersama keempat anaknya. 
  • Kasus ini sangat fenomenal pada waktu itu hingga seluruh media meliput rumah dan keluarga Hodgson hingga kasus ini menjadi kasus paranormal paling banyak didokumentasikan dalam sejarah. 
  • Tak hanya keluarga saja, tetangga mereka yang bernama Vic Nottingham juga mengalami kejadian aneh saat mengunjungi rumah keluarga Hodgson.
  • Kasus dan gangguan-gangguan menyeramkan tersebut lebih banyak menyerang putri kedua Peggy yang bernama Janet. Dari mulai kerasukan hingga tidur melayang, semua telah Janet alami. 
  • Karena saking panik dan ketakutannya, Peggy hingga melaporkan keadaan rumahnya ke kepolisian setempat. Seorang petugas polisi yang bertugas menyelidiki rumah tersebut, Carolyn Heeps, sampai menyerah karena ikut diganggu saat berada di rumah tersebut. 
  • Maurice Grosse, yang juga merupakan anggota Society for Psychical (SPR), bersedia menyelidiki peristiwa si rumah tersebut. Dan tiga bulan setelah penyelidikannya, ia merasakan bahwa gangguan-gangguan di rumah tersebut semakin parah.
  • Saking fenomenalnya, kasus fenomenal tersebut hingga sampai ke telinga Roz Morris, jurnalis BBC, kemudian ia meliputnya. 
  • Karena kejadian itulah, Janet sampai dibully di sekolahnya, dan ia dijuluki 'ghost girl'. Karena bullyan tersebut juga Janet sempat dirawat di rumah sakit jiwa. 
  • Hantu yang merasuki Janet adalah hantu laki-laki yang mengaku bernama 'Bill', yang memiliki suara berat dan serak, serta kasar. Hal tersebut membuat Janet menjadi bersuara laki-laki saat ia diganggu oleh Bill.
  • Bill Wilkins sebelumnya memang menempati rumah keluarga Hodgson.
MITOS THE CONJURING 2
Valak
  • Peggy Hodgson meninggal karena kanker di rumah tempat peristiwa itu terjadi, di atas sofa yang disebut Janet sebagai tempat Bill menghembuskan nafas terakhir.
  • Tidak ditemukan catatan mengenai keberadaan Valak, atau setan berwujud suster mengerikan dalam kasus Enfield.
Note: Valak The Nun itu hanyalah karangan dalam Film ini supaya menambah sensasi horror. Dalam dunia nyata Valak hanyalah nama iblis dalam Demonologi yang tidak bisa saya katakan memang ada karena sampai sekarang tidak ada yang pernah melihatnya. Dalam Demonologi Valak juga bukan digambarkan sebagai biarawati tapi seorang laki laki yang bertubuh mungil bersayap dan menaiki naga berkepala dua. Gambarnya ada dibawah ini.
Buat Kalian yang belum pada download filmnya saya kasih link downloadnya deh hehe baik banget kan saya. Silahkan download dibawah ini.

Nah guys, sekarang kalian paham kan, dalam pembuatan film sekalipun film yang berlatar belakang sejarah ataupun kisah nyata pasti memiliki sisi fiktifnya atau karangan dalam film untuk memberikan efek menyeramkan dan fantasi para penontonnya. Dan ada hal yang saya tidak mengerti sebenarnya dalam film The Conjuring 2 adalah Valak memberitahukan namanya.

Dalam kehidupan nyata tidak ada iblis atau setan atau hantu manapun yang akan membertahukan nama aslinya karena akan berakibat fatal bagi dirinya sendiri yaitu jika namanya dipanggil dan benar maka dia akan musnah. Nama nama seperti Genderuwo, Kuntilanak, Pocong, Valak sekalipun adalah nama nama karangan manusia yang dicocokkan sesuai karakter setan tersebut.

Ok guys, saya rasa sudah cukup untuk artikel review kali ini. Saya harap kalian enjoy dengan artikel ini dan mendapat pengetahuan lebih banyak hehe. Ingat! 'mereka' ada disekitar kita. Septino Wibowo

The Conjuring

The Conjuring 2

Sumber referensi: Kaskus