Wednesday, September 20, 2017

Pengalaman Mistis Wisata Malam Rumah Hantu Darmo, Surabaya

Halo guys, kali ini saya akan berbagi pengalaman lagi tentang wisata malam. Jika dulu saya pernah membahas Lawang Sewu dan juga Gunung Argopuro. Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang Rumah Hantu Darmo di Surabaya yang sangat popular dan sangat terkenal bahkan sering kali orang datang untuk uji nyali disana, hmm.

Septino Wibowo
Sebenarnya memang serem gak sih Rumah kosong yang diberi julukan Rumah Hantu Darmo itu? Apa sih sejarahnya? Terus isinya apa aja? Yukk kita bahas semuanya hanya disini, tanpa melebih lebihkan tapi ada yg dikurangi karena privacy hehe.

Desember 2013
Saya sebenarnya ketika berkunjung kesana cuma iseng dan penasaran karena banyaknya info bahwa tempat itu benar benar mengerikan. Ketika saya dan kakak saya perjalanan pulang dari Kerjaan kakak, saya iseng iseng mengajak kakak mampir dulu ke Rumah Hantu Darmo dan kakak protes gak mau karena dia gak pengen saya kayak dulu lagi (Ceritanya bakal saya share di artikel yang akan datang).

Saya bilang bahwa saya baik baik saja dan dalam keadaan kesadaran penuh, saya yakin saya bisa mengatasinya. Kakak saya bilang tidak mau karena cuma kita berdua dan yang lebih penting kita sama sama bisa berkomunikasi dengan 'mereka' yang membuat gangguan semakin lebih tinggi karena aura dan sensitifitas kami yang tinggi pula.

Setelah saya pura pura ngambek akhirnya diturutin juga hehe. Tapi, tetep saja saya digandeng terus seperti anak kecil ya walaupun masih 16 tahun saya rasa udah gede lah. Karena saya yang kehilangan hp karena disita di Panti dan kakak saya yang gunain hpnya untuk pencahayaan maka gak ada dokumentasi apapun 😓. Saya harap bisa mampir kesana lagi suatu saat nanti untuk mendokumentasikan apa yang terjadi biar lebih bagus dibikin artikel dan video di YouTube hehe.

Lanjut cerita, setelah saya diizinkan dan kami akhirnya mencari lokasi tempat Rumah Hantu Darmo berada. Ya memang susah sih soalnya hp kakak juga hp agak jadul gitu jadi gak ada GPS dan kami harus tanya ke warga sekitar dan alhamdulillah nyampe juga. Dari luar memang ngeri banget, walaupun masih sore menjelang maghrib. Suasananya cukup ngeri, dan kami sudah disambut oleh beberapa sosok aneh tidak berbentuk manusia lebih ke hewan di berbagai sudut rumah itu.

Kakak saya yang katanya mendengar bisikan langsung minta saya masuk mobil lagi dan segera pergi, saya gak mau dan pengen masuk kedalam rumah itu. Tempelengan kakak saya mendarat mulus kebelakang kepala saya. Saya meringis kesakitan dan digeret kakak masuk mobil. Kakak saya dengan cepat masuk mobil dibagian stir dan terlihat bingung. Saya tanya kakak saya kenapa, dia bilang banyak dari mereka bukan makhluk yang ramah dan menyimpan banyak hal buruk dimasa lalu. Salah satu yang kakak lihat adalah macan dan juga sosok wanita tua berbaju gelap menunjuk saya. Itulah sebabnya kakak langsung menyuruh saya masuk kedalam mobil.

Saya pun tidak sadar tadi karena melihat lihat gerbang yang sudah rapuh dan rumah tanpa atap itu terlihat menarik. Kemudian ada beberapa orang yang datang, mungkin mereka ingin uji nyali atau explore rumah kosong itu. Saya pun merengek kepada kakak lagi untuk ikut bersama mereka tapi kakak gak mau dan kami pun pergi.

Di perjalanan, saya tiba tiba merasa berat dibagian pundak, saya pun mual mual padahal saya gak pernah sekalipun mabok perjalanan. Kakak saya memberhentikan mobilnya dan melihat saya aneh. Dia terus mengambil air putih dan dibacakan sesuatu dan menyuruh saya meminumnya. Saya pun meminum habis air mineral itu dan merasa baikan. Kakak bilang saya sudah diincar dari tadi dan sempat diikuti. Saya memang berbohong kalo saya sedang sehat karena saya memang waktu itu tidak terlalu sehat. Tapi karena keingin tahuan yang kuat saya bilang kalo sehat dan pada akhirnya ketika saya lengah mereka bisa leluasa mengikuti saya walaupun ada penjaga saya.

SEJARAH RUMAH HANTU DARMO
Saya hanya mengetahui beberapa hal saja, menurut banyak sumber mengatakan bahwa Rumah itu dulunya milik keluarga yang kaya raya karena pesugihan. Mereka membuat perjanjian dengan jin dan bersedia memberikan tumbal. Entah apa sebabnya suatu hari mereka tidak memberikan tumbal lagi dan akhirnya ketika mereka melakukan perjalanan menggunakan kapal, mereka semuanya tenggelam dan hal yang misterius adalah 'katanya' bangkai kapalnya dan mereka juga tidak ditemukan. Pembantu dan Pengasuh bayi di rumah itu juga meninggal, menurut kabar pembantu dan pengasuh bayi itu menjadi pengganti tumbal.

Dan tanpa sebab yang jelas, rumah itu kebakaran hebat sampai hanya bangunannya saja yang tersisa sedangkan atap rumah sudah hilang dilalap si jago merah dan juga segala isinya hilang. Rumah itu sudah lama kosong sekitar belasan tahun sampai sekarang dan menjadi rumah hantu terseram di Surabaya.

Banyak tetangga yang diganggu dengan suara suara aneh dan juga melihat sosok sosok aneh di rumah itu ketika lewat dan melihat lihat saja. Tak heran kalo tempat itu sering dijadikan tempat uji nyali dan explore malam dan dijadikan tempat nongkrong anak muda di siang hari. Kabar terbaru sih ada palang garis polisi karena tempat itu sering dijadikan tempat pesta miras dan hal negatif lainnya. Banyak dinding yang dicoret coret dan tulisan tulisan dari banyak anak muda atau anak sekolah yang mampir disitu.

HANTU DI RUMAH HANTU DARMO
Banyak orang yang kesana termasuk saya, karena saya hanya berada didepan gerbang rumahnya saja waktu itu jadi gak sempet lihat banyak, tapi yang saya dan kakak saya lihat banyak wujud menyerupai hewan, dan juga makhluk aneh yang saya belum pernah temui di tempat lain. Sepertinya banyak jin atau MG (Makhluk Ghoib) yang terbuang disana karena aura yang engap walaupun di luar rumah sudah sangat terasa.

Rumah Hantu Darmo, Surabaya

Saya ingin sekali kesana sekali lagi dan mengeksplor rumah itu, bukan bertujuan sok berani atau mengganggu mereka disana tapi hanya penasaran dan ingin mengikuti serta melihat sejarah dari pandangan ghoib disana karena akan lebih ditail jika penghuni disana yang menceritakan secara langsung dan jelas sejarah rumah itu jika mereka berkenan dan ramah kepada saya hehe.

Mungkin sampai segini dulu ya ceritanya soal RUMAH HANTU DARMO, kalo saya kesana lagi insya allah akan saya dokumentasikan dan saya share lebih rinci cerita tentang Rumah misterius itu kepada kalian semua. Semoga cerita diatas bisa menambah wawasan dan menghibur kalian semua. Ingat!! 'mereka' akan selalu ada disekitar kita. Septino Wibowo