Wednesday, October 25, 2017

Cara Mudah Mendapatkan Matched Content dari Google AdSense

Halo guys, lama gak sharing tentang blogging ya, kali ini saya akan sharing tentang pengalaman saya mendapatkan Matched Content dari Google AdSense. Cara mendapatkan matched content atau iklan konten yang sesuai blog sebenarnya tidaklah sulit. Banyak orang yang mengira caranya begitu sulit dengan bermacam tutorial ini itu untuk mendapatkan matched content. Tapi apa benar cara mendapatkannya mudah? Yuk bahas

Septino Wibowo
Sebelum kita membahas cara mendapatkannya, ada baiknya kalo kita mengetahui lebih jelas apa itu Matched Content:

Konten yang sesuai/Matched Content adalah alat rekomendasi gratis yang menawarkan cara sederhana untuk mempromosikan konten Anda kepada pengunjung situs Anda. Dengan menawarkan pembaca Anda lebih banyak konten yang relevan untuk mereka, Anda dapat meningkatkan tampilan halaman situs Anda, waktu yang dihabiskan di situs Anda, loyalitas pembaca, tayangan iklan, dan pendapatan iklan pada akhirnya.

Cocok rekomendasi konten didasarkan pada kesamaan topik dan disesuaikan untuk pembaca. Percobaan kami menunjukkan bahwa rata-rata cocok rekomendasi Konten meningkatkan jumlah halaman yang dilihat oleh 9% dan waktu yang dihabiskan di situs sebesar 10%.

Dengan unit Konten yang sesuai, Anda memilih halaman di mana Anda ingin rekomendasi untuk muncul, maka AdSense mempromosikan artikel di situs Anda yang paling relevan untuk para pembaca halaman tersebut. Selain itu, tergantung pada situs Anda, Anda mungkin juga dapat menampilkan iklan di antara rekomendasi Anda . Dengan cara ini Anda dapat lebih uang situs Anda.
Sumber : Google Support

Kalo sudah paham tentang hal diatas, mari kita bahas bagaimana cara mendapatkannya:

Syarat syarat yang dijelaskan oleh pihak Google sudahlah jelas, jadi yang perlu kita lakukan adalah,
Rutin membuat konten original dan panjang minimal 500 kata
  • Hal ini mungkin tidak sepenuhnya benar, tapi sesuai pengalaman saya yang sering update artikel hampir setiap hari, dalam waktu satu bulan sudah mendapatkan Matched Content Beta dimana hanya Matched Content dalam bentuk text (only), kemudian saya terus update sampai kurang lebih seminggu dan mendapatkan Matched Content sepenuhnya.
Visitor per hari yang lumayan banyak (Visitor tidak harus ribuan menurut pengalaman)
  • Menurut pengalaman saya, visitor lumayan penting tapi tidak terlalu dipikirkan. Kita bisa menambahkan banyak visitor dengan cara share artikel ke social media facebook, twitter, google+ untuk menambah visitor dan pageview blog
Perbaiki tampilan blog
  • Saya selalu perduli dengan tampilan blog, selain membuat nyaman pengunjung dan pembaca juga bisa meningkatkan kualitas blog, mungkin hal ini tidak terlalu penting untuk mendapatkan Matched Content tapi apa salahnya jika kita memperbaiki tampilan blog kita agar enak dipandang dan nyaman untuk para pembaca?
Masukkan url blog ke daftar my site di adsense dan centang
  • Hal ini jangan sampai lupa karena ini merupakan syarat mutlak dari pihak Google, Baca selengkapnya disini. Caranya cukup mudah, berikut caranya:
  1. Masuk ke akun Google AdSense kamu, 
  2. Kemudian klik menu settings/Pengaturan, 
  3. Terus klik menu My Sites, 
  4. Setelah itu masukkan url blog kamu disitu, 
  5. Klik tombol tiga titik hitam dan klik menu Site Authorization
  6. Kemudian klik ke tombol hijau tulisan Only authorize my verified sites to use my ad code, dan simpan.

Tunggu sampai mendapatkan Matched Content dan nanti di menu my sites dan my ads akan muncul seperti ini sesuai situs yang disetujui untuk menampilkan  Matched Content

Di menu My Sites

Di menu my ads

Ok guys, jadi begitulah caranya, cukup mudah kan. Memang harus sabar untuk mendapatkan menu ini tapi insya allah pasti bisa kalo kita benar benar ingin mendapatkannya dan melakukan yang seharusnya dilakukan sesuai aturan Google.

Semoga artikel diatas bermanfaat bagi kalian semua yang membutuhkan. Semoga berhasil.
Salam Blogger Indonesia, Septino Wibowo