2 Rekomendasi Film Seri Horror Yang Terjadi di Kehidupan Nyata

Halo guys, lama gak nyapa kalian ya. Sebelumnya saya mau meminta maaf lanjutan cerita Betty dan jalan-jalan di Jogja akan saya pending terlebih dahulu karena beberapa kendala yang saya alami sekarang. Tapi tenang saja, untuk mengobati rasa kecewa karena kepo dengan lanjutan cerita kemaren, kali ini saya akan berbagi rekomendari film horror untuk kalian yang selalu penasaran dengan film horror yang saya sukai dan tentunya serem dan realistis.
Septino Wibowo
Sebenarnya saya sedikit penakut tapi saya sangat suka film terutama yang bergendre horror. Film horror menurut saya bukan untuk menakut-nakuti malah justru untuk memberikan sedikit informasi tentang dunia supranatural yang banyak ingin tahu, selain itu film horror juga justru malah bisa meningkatkan keberanian. Kok bisa? Ketakutan seseorang terhadap maklhuk tak kasat mata berdasar dari imajinasi mereka yang membayangkan wujud hantu yang pernah mereka tonton di bioskop. Sedangkan di kehidupan nyata hantu tak semenyeramkan di film (mungkin ada beberapa) dan tak bisa menyakiti manusia secara fisik (Kecuali yang levelnya tinggi).

Karena ketakutan itu bisa memunculkan ketertarikan dari makhluk astral sekitar untuk menggoda orang yang ketakutan. Hasilnya, mungkin akan sangat ketakutan di awal jumpa. Tapi, ketika sudah pernah melihat sosok astral, atau mendapatkan hal-hal aneh seperti suara-suara tanpa ada sumbernya, ketukan pintu tanpa tuan, benda bergerak sendiri atau hal lainnya yang menunjukkan aktifitas mereka. Justru bisa memicu keberanian yang lebih dan ingin lebih tahu tentang mereka. Jadi pilihan menonton film horror jadi tujuan pertama karena bisa menambah pengetahuan tentang dunia astral (Tentunya film yg murni horror bukan yang suka dibumbui esek-esek ya).

Dari banyak penelitian di universitas di eropa banyak yang menemukan kecenderungan orang tidak percaya pada hal ghoib atau astral. Untuk itu mereka mengadakan banyak percobaan untuk memancing kemunculan 'mereka' dengan berbagai cara untuk membuktikan keberadaan 'mereka'. Ketika beberapa hal aneh mulai bermunculan, para peneliti mulai percaya dengan keberadaan 'mereka' karena banyak hal aneh itu tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. Dari percobaan itu, justru bukan rasa takut yang ada malah rasa penasaran tentang dunia astral. Dan sekarang banyak sekali ghosthunter yang suka berkeliaran mencari keberadaan 'mereka' untuk didokumentasikan.

Hal inilah yang membuat supranatural bukan lagi hal yang harus ditakuti walaupun menyeramkan, justru menjadi pembelajaran untuk terus berusaha menjadi lebih berani dengan menghadapi banyak hal menyeramkan itu. Itulah mindset kebanyakan orang eropa, bagaimana kalo kalian?

Ok, udah cukup ya basa-basinya. Sekarang saya akan memberikan sedikit rekomendasi film horror paling serem menurut saya.

The Conjuring-The Conjuring 2
Film ini diadaptasi dari kisah nyata sepasang paranormal yang bekerja membantu banyak orang yang mengalami masalah dengan hantu atau roh jahat di jamannya. Di jaman 20-90an memang terkenal sebagai jaman dimana masih banyak hal kuno dan serba horror. Banyak kisah kisah di seluruh dunia mengenai hantu di jaman itu. Di film The Conjuring yang pertama, mungkin agak sedikit berbeda dengan cerita asli Ed and Lorraine Warren. Film yang dirilis tahun 2013 itu menceritakan sebuah keluarga yang pindah ke rumah baru yang ternyata memiliki kisah yang tragis di masa lalu. Keluarga itu mengalami gangguan supranatural di hari pertama pindah dengan mendapati jam yang berhenti di jarum angka 3 pagi. Berbagai hal aneh mulai bermunculan seperti anjing yang tiba-tiba meninggal, luka gosong di berbagai bagian tubuh Carolyn Perron, hantu diatas lemari, sampai puncaknya Carolyn Perron kesurupan hantu penghuni rumah yang menghabisi anaknya sendiri di masa lalu. Pada akhir film berakhir bahagia karena Carolyn Perron berhasil sadar dan tidak jadi membunuh anaknya dan hidup bahagia di rumah itu bersama suami dan kelima anaknya. Tapi di cerita aslinya, keluarga itu terpaksa harus pindah karena Ed and Lorraine Warren tidak bisa mengusir hantu rumah itu.

Di seri kedua, Ed and Lorraine Warren mendapatkan tugas terberat yang pernah mereka dapat selama menjadi paranormal. Mereka pergi ke Inggris untuk membantu keluarga Peggy Hodgson. Di cerita film banyak yang tidak sesuai cerita aslinya seperti hantu yang bernama Valak bukanlah bagian dari cerita asli melainkan fiksi yang dibuat untuk menambah ketegangan film. Di cerita ini banyak sekali hal yang tidak wajar karena gangguan yang sangat luar biasa. Seperti anak Peggy Hodgson yaitu Janet Hodgson yang mendapatkan gangguan dirasuki hantu kakek tua sampai suaranya menyerupai kakek itu. Bukan hanya itu, banyak benda didalam rumah yang bergerak sendiri, dan paling parahnya Janet sampai kerasukan dan terbang beberapa saat seperti yang didokumentasikan banyak reporter di Inggris. Kasus ini adalah kasus yang paling menyeramkan yang pernah terjadi di Inggris dan dalam pekerjaan paranormal Ed and Lorraine Warren.

Fakta dari Film diatas: Di kedua film tersebut, kedua keluarga tersebut tidak dekat dengan Tuhan atau dengan kata lain tidak pernah beribadah. Hal ini bisa mempermudah makhluk astral masuk. Rumah yang ditinggali merupakan rumah yang memiliki sejarah tragis atau mengerikan. Dari beberapa kejadian memang banyak hal yang berkaitan dengan hal supranatural terutama tempat tinggal. Rumah adalah tempat paling nyaman untuk 'mereka' tinggal dan tetap menetap. Apalagi rumah yang jarang digunakan untuk ibadah dan penghuninya memiliki sedikit pengetahuan tentang religius (Faktor pendukung adalah ada kejadian yang mengerikan di rumah, hal ini biasanya menyisakan hal seperti 'mereka' yang menetap dan mengeklain rumah itu milik 'mereka').

Insidious-Insidious 4
Film horror ini berbeda dengan film horror lainnya. Jika film The Conjuring menceritakan gangguan yang dialami karena kerasukan, di film ini menceritakan gangguan karena memiliki bakat Astral Projection/Out Of Body Experience. Kok bisa gitu? Hal ini bisa saja terjadi. Di Film seri pertama sampai yang ke 4 selalu menceritakan banyak peristiwa tentang bagaimana gangguan itu muncul dan menyelesaikannya dengan cara Astral Projection. Hal menyeramkan di film ini adalah hal itu bisa benar-benar terjadi di dunia nyata. Faktor pendukung hal itu terjadi bisa jadi karena lingkungan yang mengerikan seperti sejarah lingkungan sekitar bekas pembantaian atau bekas banyak ritual sesat dll. Walaupun hal itu bisa terjadi di dunia nyata tapi kemungkinannya sangat kecil. Karena makhluk astral butuh sangat banyak energi untuk bisa masuk kedalam tubuh orang yang memiliki bakat Astral Projection. Selain itu didalam raga manusia terdapat masing-masing seperti shield atau pelindung agar energi lain tak mudah masuk kecuali dikehendaki (hal ini berlaku pada mediator).

Saat Astral Projection mungkin dapat dengan mudah berkeliaran kesana kemari menembus ruang dan waktu, tapi untuk mengendalikannya butuh banyak latihan, selain itu ketika astral projection kita bisa melihat dan berkomunikasi (secara batin/tanpa membuka mulut) dengan 'mereka'. Dan wujud 'mereka' bisa berubah-ubah sesuai kehendak mereka, jadi bayangkan jika ketika astral projection 'mereka' menampakkan wujud mereka yang paling menyeramkan dan terlihat sangat nyata. Ya... mungkin itu akan menjadi hal yang luar biasa mengubah hidup kalian kan hahaha. Kalian wajib nonton dari seri pertama sampai ke 4, walaupun di seri ke 4 jauh berbeda dengan seri pertama sampai ke 3. Semuanya bagus kok, jangan lihat dari sisi menyeramkannya saja ya, seperti yang saya bilang, belajar juga untuk melihat sisi lain yang bisa kalian lihat di kehidupan nyata seperti apa.

Nah, itulah dua film seri bergende horror rekomendasi dari saya untuk kalian tonton. Kalo kalia sudah nonton semuanya saya minta reviewnya dari kalian di kolom komentar tentang film-film diatas. Bagaimana pendapat kalian tentang film diatas? Jadilah penonton yang cerdas, bukan hanya melihat satu sisi film tapi mempelajari sisi lain dari film tersebut. Lain kali saya akan memberikan rekomendasi film lainnya dengan penjelasan menurut saya tentag film-film lainnya. Septino Wibowo

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "2 Rekomendasi Film Seri Horror Yang Terjadi di Kehidupan Nyata"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, jangan tinggalkan link aktif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel